The Soda Pop



Jam 11:22 WIB


BLOG MINI

LAM JALÄLAH

Hukum atau cara membaca LAM JALÄLAH

ROSULULLÄH SAW telah bersabda :
KHOYRUKUM MAN TA'ALLAMAL-QURÄNA WA'ALLAMAHU
artinya:"Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang BELAJAR ALQURAN dan mengajarkannya" (HR-Bukhori,Abu Dawud,Tirmidzi-dari Utsman bin 'Affan RA)
.
Pada tulisan ini kita akan mempelajari ALQURAN dimulai dari hal yang paling mendasar(tidak muluk-muluk),yaitu tentang cara membaca ALQURAN....Adalah sebuah ironi jika kita membahas isi ALQURAN ,tapi belum bisa baca ALQURAN dengan benar...Semoga ALLAH selalu membimbing kita..amin. Sekarang kita ke topik bahasan..
Lafazd الله(ALLÖH) disebut juga dengan lafazd JALÄLAH. dan huruf LAM pada lafazd الله (LAM yg ditengah) disebut dengan LAM JALÄLAH. Didalam ALQURAN banyak sekali terdapat LAFAZD JALÄLAH dengan berbagai bentuk susunan kalimat. Semoga tulisan ini bisa membantu bagi yang masih belajar atau yang belum mengerti bagaimana seharusnya lafazd JALÄLAH di baca agar tidak salah/tertukar ketika membaca atau melafazdkannya.
Hukum/cara membaca LAM JALÄLAH(LAM-nya lafazd اللهُ ) dibagi dua =
1-Dibaca TAFKHÏM artinya : TEBAL (berbunyi LÖH) jk LAM JALÄLAHnya jatuh setelah FATHAH seperti =
ALLÖHU..WALLÖHI.. atau jatuh setelah DHOMMÄH seperti = NASHRULLÖHI.. LIHAT contoh tulisan Arabnya
2-Dibaca TARQÏQ artinya : TIPIS (berbunyi LÄH) jika LÄM JALÄLAH-nya jatuh setelah KASRÖH seperti =
BILLÄHI..BIDZIKRILLÄHI.. LIHAT contoh tulisan Arabnya
Semoga yang sedikit ini bermanfaat...ok.
NB : Untuk bisa mengucapkan Lafazd JALÄLAH dengan benar,anda harus minta diberi contoh secara langsung dan praktek melalui bimbingan orang 'Alim (Fashih/Qori') disekitar anda agar tidak keliru melafazdkannya...! Para artis di telivisi (baik melalui sinetron maupun infotainment) banyak yang tidak benar didalam melafazdkan LAFAZD JALÄLAH (lafazd ALLÖH), mereka melafazdkan lafazd ALLÖH dengan ucapan OWLOH.. n ini tidaklah benar..semoga saja ALLÖH membimbing mereka agar mereka mau belajar supaya lebih baik karena mereka adalah Publik Figur yg banyak diperhatikan orang dan tidak sedikit yang meniru tindak-tanduknya..

KEMBALI KE POSTING
Komentar
[2012-03-07 06:55:11] Difan:

Benar sekali sob.. Banyak diantara kita yg ga fasih mengucapkan Asma Allah.. Jadi Auloh :D Padahal kalo diucapkan dgn benar, enak didengarny. Mantap sob, belajar walau di dumay.. Td uda komen lumayan panjang. Eh dideteksi spam sob..

[2012-03-07 13:58:20] abbasijm:

smg manfaat sob...sngaja posting masalah ini krn masalah ini jarang diangkat,pdahal yg diucapkan (dcontohkan) olh sbgian artis mlalui sinetron atau infotainment tidaklah tepat ,dan sepertinya jarang yg membahas hal ini melalui media yg sama (TV & Infotainment) .Sdikit bnyak ini mmberi pngaruh kpd para remaja/anak2 dan terutama kpd FANS mereka yg blum mngerti tntang hal ini -ikut2an mngucapkan OWLOH untuk melafazdkan ALLÖH.. Tulisan ini ditujukan untuk berbagi,menyampaikan apa yg harus disampaikan terlepas dari ada atau tidak yg membaca tulisan ini,diikuti atau tidak...yg penting kewajiban mengingatkan sudah dilaksanakan..Smg kita selalu dalam hidayahNYA..N mkasih mampirnya sob..mf untk anti spamnya... :D karena dulu blog ini jadi bulan2an spamer bahkan hacker...

[2013-04-09 05:12:23] Lam jallah:

Mantap


Tulis Komentar


Artikel lainnya
7-10-614=287169

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free



KEMBALI

DONASI


👇
SMS ADMIN

Email




BERANDA
© 2011 - 2024